9 Klan Game of Thrones

 


9 Klan Game of Thrones


Belum lama ini presiden kita menyebutkan sebuah serial tv pada pidatonya yaitu Game of Thrones. Game of Thrones adalah sebuah serial televisi fantasi Amerika yang ditayangkan di HBO oleh David Benioff dan D. B. Weiss sebagai showrunner. serial ini diadaptasi dari sebuah novel serial fantasi karya George R.R. Martin yang edisi pertamanya berjudul A Game of Thrones. Serial ini bercerita tentang perebutan Iron Throne Seven Kingdom oleh para bangsawan yang terjadi didaratan bernama Westeros yang terdiri dari sembilan wilayah. Serial tersebut tayang perdana di HBO pada April 2011 dan finale seasonnya tayang April 2019. Buat yang belum tau apa saja wilayah yang ada di Westeros, gua akan jelaskan sembilan wilayah atau klan yang ada di Westeros. Berikut sembilan wilayah yang ada di Westeros:


House Stark

House Stark memiliki simbol Direwolf yang diambil dari hewan serigala besar. Wilayah ini terletak paling utara Westeros yang selalu ditutupi salju memiliki wilayah yang sangat luas. Wilayah pertama yang selalu mengalami musim dingin terparah dibandingkan dengan wilayah lain didaratan Westeros maka dari itu wilayah ini memiliki motto "Winter is Coming". Keluarga Stark tinggal di Kastil Winterfell. Keluarga Stark masih menyembah "The Old Gods" sama seperti yang dilakukan oleh nenek moyangnya terdahulu yaitu sebatang pohon didalam Winterfell. 

Lord Rickard Stark memiliki anak yaitu Brandon Stark, Ned Stark dan Lyanna Stark. Lyanna Stark diculik oleh Prince Rhaegar Targaryen dan dibawa menjauh dari wilayah. Brandon Stark datang ke King's Landing untuk menuntut keadilan dan hukum atas Prince Rhaegar Targaryen sudah menculik saudaranya namun Brandon Stark dituduh melakukan makar pada kerajaan. King's Landing memanggil Lord Rickard Stark untuk bertanggung jawab anaknya atas tuduhan yang dibuat dan pada akhirnya keduanya dibunuh di King's Landing. Setelah kejadian itu Ned Stark menjadi pemimpin di House Stark  kemudian menikahi Catelyn Tully dan memiliki anak Robb Stark, Sansa Stark, Arrya Stark, Bran Stark dan Rickon Stark. Jon Snow merupakan anak haram dari Ned Stark sesungguhnya merupakan anak di Prince Rhaegar Targaryen dan Lyanna Stark yang dirawat oleh Ned stark akibat dari orangtuanya yang tewas. Theon Greyjoy merupakan sadera dari Ned Stark, namun Ned Stark merawat Theon Greyjoy tidak sebagai Sandera melainkan seperti anaknya sendiri.

House Arryn

House Arryn memiliki simbol bulan sabit putih dengan seekor elang yang terbang dilangit biru diambil dari Ser Artys Arryn ksatria yang terbang diatas elang raksasa sebagai pendiri House Arryn dan memiliki motto "As High As Honor". Wilayah ini terletak di timur Wasteros dan keluarga Arryn tinggal di Kastil Eyrie tempat leluhur Raja Gunung. Saat ini House Arryn dipimpin oleh Robin Arryn Lord of the Eyrie dan ayah tirinya Petyr Baelish Lord Protector setelah sepeninggalan bapak kandungnya Jon Arryn.

Jon Arryn adalah pemimpin dari House Arryn yang memiliki anak didik Ned Stark dan Robert Baratheon. Jon Arryn menikah dengan Lysa Tully memiliki anak Robin Arryn. Setelah Robert Baratheon menjadi raja, Jon Arryn ditunjuk sebagai tangan kanan raja. Tidak lama dari pengangkatan Jon Arryn sebagai tangan kanan raja, Jon Arryn dibunuh. Pembunuhan Jon Arryn terjadi akibat Jon Arrya mengetahui bahwa anak-anak Queen Cersei Lannister bukanlah dari King Robert Baratheon melainkan dari saudara kandungnya Jammie Lannister. Setelah meninggalnya Jon Arryn, Lysa Arryn menikah dengan Petyr Baelish.

House Tully

House Tully memiliki simbol ikan diatas air diambil dari ikan trout dan memiliki motto "Family, Duty, Honor". Wilayah ini adalah orang-orang Riverland yang berasal dari penjelajah Sungai Trident. Edmure Tully adalah Lord House Tully saat ini yang merupakan adik dari Catelyn Stark dan Lysa Arryn.

Lord House Tully saat itu adalah Hoster Tully yang memiliki anak Catelyn Tully, Lysa Tully dan Edmure Tully. Hoster Tully bermaksud mengawinkan putrinya Catelyn Tully dengan Brandon Stark. Namun karena Brandon Stark tewas dibunuh, perkawinan tetap dilanjutkan kepada Ned Stark. Kemudian Hoster Tully mengawinkan putrinya Lysa Turry dengan Jon Arryn sebagai aliani. dan anaknya yang terakhir Edmure Tully jadi Lord House Tully setelah sepeninggalan bapaknya.

House Grayjoy

House Greyjoy memiliki simbol cumi raksasa berlapis emas dan motto "We Do Not Sow" namun juga dapat dikatakan "What Is Dead May Never Die". House Greyjoy menyembah Drowned God atau Dewa Tenggelam. Wilayah ini menguasai Iron Islands, kumpulan ulau yang kelam dan suram berada di lepas pantai barat Westeros. Sedangkan keluarga Greyjoy tinggal di kastil yang ada di Pyke. Balon Greyjoy adalah saudara dari Euron Greyjoy dan Aeron Greyjoy dinobatkan sebagai Lord Reaper of Pyke and Lord of the Iron Islands. 

Balon Greyjoy menikah dengan Alannys Harlaw dan memiliki anak Rodrik, Maron, Yara dan Theon Greyjoy. Rodrik Greyjoy adalah anak pertama Balon Greyjoy dan Alannys Greyjoy merupakan kapten dari ironborn longship The Black Wind namun tewas saat perang. Sama dengan Rodrik Greyjoy, Maron Greyjoy anak kedua Balon Greyjoy dan Alannys Greyjoy tewas saat perang. Anak perempuannya Yara Greyjoy menggantikan kakaknya Rodrik Greyjoy sebagai kapten ironbron longship The Black Wind. Sedangkan Theon Greyjoy di sandera pleh Ned Stark sebagai jaminan bahwa Balon Greyjoy tidak akan berani memberontak. Namun Ned Stark merawat Theon Greyjoy seperti anak sendiri bukan seperti sandera.

House Lannister

House Lannister memiliki simbol seekor singa emas dan motto mereka "Hear Me Roar". Lannister merupakan salah satu keluarga terkuat yang menempat di Casterly Rock. Sejak kekalahan oleh naga-naga Targaryen saat pertempuran yang dikenal dengan "Field of Fire", Lannister mengabdi pada Targaryen dan berlanjut pada Baratheon.

Hal memalukan yang terjadi dikeluarga Lannister yaitu, hubungan incest antara Jaime Lannister dan Cersei Lannister merupakan sodara kembar. Kehadiran Joffrey Baratheon dan kedua adiknya yang diduga hasil hubungan antara keduanya. Selain itu, Tyrion Lannister yang terlahir kecil atau kerdil juga jadi salah satu hal yang memalukan bagi keluarga Lannister. Namun, Tyrion Lannister merupakan sosok yang memiliki pemikiran dan keahlian dalam menipu musuh tidak dapat diremehkan. Tyrion Lannister sudah membunuh bapaknya dan sekarang dia menjadi penasihat dari Daenerys Targaryen.

House Tyrell

House Tyrell memiliki simbol adalah bunga mawar dan motto "Growing Strong". Simbol yang menunjukan keindahan bagi keluarga Tyrell sebenarnya memiliki duri yang tajam. Karakter mereka yang menjunjung tinggi kehormatan seperti keluarga Stark juga sangat kejam dan licik seperti keluarga Lannister.

House Tyrell saat ini dipimpin oleh Lord Mace Tyrell dan Lady Olenna Tyrell. Lord Mace Tyrell dan Lady Alerie Tyrell memiliki anak bernama Ser Loras Tyrell dan Queen Margaery Tyrell.  Ser Loras Tyrell melakukan hubungan dengan suami saudaranya Margaery Tyrell yaitu King Renly Baratheon. Setelah Renly Baratheon tewas ulah Shadow,  Margaery Tyrell menikahi Joffery Baratheon. Saat pernikahannya Margaery dengan Joffery, Joffery tewas akibat diracuni. Akhirnya pernikahan dilanjutkan dengan Tommen Baratheon. Keluarga Tyrell telah bersumpah setia kepada King Robert Baratheon.

House Baratheon

House Baratheon memiliki simbol seekor rusa hitam berdiri dengan latar emas dan motto "Ours is the Fury". Lord Robert Baratheon merupakan pemimpin dari pasukan pemberontak dan diklim merupakan darah terbaik untuk menduduki The Iron Thone menjadi raja King's Landing. Ketika Robert Baratheon naik ke Iron Thone, simbol rusa hitam mereka ditambah mahkota emas yang menunjukan statusnya sebagai Royal House.

Robert Baratheon mati setelah dia berburu dihutan. Kemudian tahta diturunkan ke anaknya Jeffery Baratheon. Namun Jeffery tewas akibat meminum racun yang diberikan pada saat pernikahannya dengan Margaery Tyrell. Pernikahan tetap di lanjutkan dengan adiknya Tommen Baratheon, namun Tommen pun tewas. Setelah kematian Tommen Baratheon akibat bunuh diri, House Baratheon punah secara hukum. Satu-satunya anggota keturunan Baratheon yang masih hidup adalah Gendry, anak haram dari Robert Baratheon.

House  Martell

House Martell memiliki simbol matahari merah yang ditembus oleh tombak emas dan memiliki motto " Unbowed, Unbent, Unbroken". House Martell merupakan penguasa Dorne dan kastilnya berada di Sunspear. mereka memerintah semenanjung Dorne ujung selatan benua. House Martell merupakan satu-satunya house yang berhasil bertahan dari serangan Targaryen dan naga-naganya serta terisolasi sejak pemberontakan Robert Baratheon.

Prince Doran Martell merupakan kepala keluarga dari House Martell. Prince Doran memiliki adik bernama Oberyn Martell dan Ellia Martell. Ellia Martell dibunuh saat penyerbuan House Lannister. Hal ini memicu kemarahan dan dendap House Martell pada House Lannister.

House Targaryen

House Targaryen memiliki simbol naga merah berkepala tiga dan motto "Fire and Blood". House Targaryen merupakan Great House of Westeros rumah dari The Seven Kingdoms yang berkuasa selama tiga abad. Namun sekarang kedudukan ini dusah diambil oleh House Lannister. Beberapa Targaryen masih hidup melarikan diri dan sekarang mereka ingin merebut kembali The Seven Kingdoms dari House Lannister. Keturunan Targaryen memiliki ciri fisik dan genetik umumnya rambut berwarna putih perak dan kebal terhadap api, panas maupun suhu tinggi. 

Rhaegar Targaryen menculik adik dari Ned Stark yaitu Lyanna Stark karena tergila-gila dengan kecantikannya. Robert Baratheon yang memiliki hubungan asmara dengan Lyanna Stark memimpin pemberontakan akibat dari prilaku Rhaegar  yang menculik Lyanna, dibantu oleh Ned Stark dan Jon Arryn. Akhirnya Rhaegar tewas saat pemberontakan itu termaksud Lyanna. Kedua adik Rhaegar yaitu Viserys Targaryen dan Daenerys Targaryen diselamatkan oleh para loyalis Targaryen ke kota Pentos di pulau Essos. Daenerys menikahi Klan Drogo, saat pernikahannya Daenerys diberi hadiah berupa tiga telur naga. Viserys tewas akibat memanfaatkan pernikahan adiknya dengan Klan Drogo untuk mendapatkan kembali tahta ketangannya, namun Klan Drogo membunuhnya. Kemudian Klan Drogo tewas karena luka didadanya. Akhirnya Daenerys dan ketiga naganya jadi kunci kebangkitan dari House Targaryen.

 

Itulah 9 klan atau house yang ada di Game of Thrones. Artikel ini tidak mengandung spoiler season finale. Jangan lupa menonton season finale nya ya.

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Supernatural Species Series The Vampire Diaries, The Original dan Legacies

List of Song Glee Season 5